Select Page

Bisnis rintisan (start-up) yang marak ditemui belakangan ini menandakan bahwa masyarakat Indonesia sudah mulai memahami kontribusi yang diberikan pebisnis dalam negeri bagi perkembangan ekonomi Indonesia, misalnya saja pada industri horeka. Kita dapat dengan mudah menemukan berbagai jenis hotel, resto, dan kafe di setiap sudut kota. Bahkan, cukup dengan melakukan browsing ringan di mesin pencari, kita telah akan disuguhi dengan berbagai informasi mengenai tempat yang diinginkan.

 

Hal tersebut tidak lain disebabkan karena para pegiat bisnis telah menyadari pentingnya peran media digital untuk mendukung kegiatan promosi dan pengenalan atas brand-nya. Media digital adalah sebuah keharusan dalam bisnis saat ini. Akan tetapi, kendati sangat baik jika dilihat dari sisi perkembangan ekonomi, hal ini ternyata juga diikuti dengan pertanyaan “bagaimana dengan persaingannya ?”

Saat ini, pebisnis berbondong-bondong menggunakan layanan jasa pembuatan website untuk bertarung di internet dengan menerapkan penggunaan iklan online. Hal itu sudah tepat, namun belum cukup untuk memenangkan persaingan. Perusahaan dituntut untuk melakukan inovasi–tidak hanya atas produk, tetapi juga atas alat pemasaran–demi mempertahankan bisnisnya. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan mobile apps.

Mobile apps adalah satu dari banyak platform media digital yang juga memiliki kemampuan pemasaran yang baik. Berikut ini adalah manfaat yang diberikan mobile apps bagi bisnis.

Tampilan logo dan slogan pada layar ponsel konsumen akan memudahkan mereka untuk mengingat brand Anda ketika membutuhkan sebuah produk/jasa. Selain itu, Anda juga memiliki sebuah keuntungan dibanding pesaing yang masih belum menerapkan mobile apps dalam strategi bisnisnya. Jika Anda menginginkan adanya boost atau recognition pada brand Anda secara instant, mobile apps dapat menjadi sebuah pilihan yang tepat untuk mencapainya.

Konsumen akan memiliki kemudahan mengakses produk/jasa Anda kapan pun dan dimana pun mereka inginkan. Hal ini sangat membantu sebuah bisnis, terlebih jika bisnis Anda tidak bergerak secara 24/7. Mobile apps akan membantu konsumen untuk menghubungi Anda secara langsung, tanpa harus mengunjungi website Anda terlebih dahulu.

Mobile apps memiliki value yang besar sebagai marketing tool. Sebabnya adalah mobile apps dapat terintegrasi dengan Facebook, Twitter, Foursquare, dan berbagai situs media sosial lainnya. Hal ini berarti hanya dengan sekali sentuh saja, konsumen dapat membagikan apps atau pengalaman bersama perusahaan Anda kepada seluruh jaringan yang mereka miliki, sehingga dampaknya adalah ketenaran gratis bagi Anda. Selain itu, hanya dengan memberikan sebuah push notification saja, Anda dapat menyampaikan promosi-promosi atau special event langsung pada konsumen Anda.

Anda perlu mengingat bahwa saat ini konsumen sering berpindah-pindah dan merupakan pecandu mobile devices, seperti ponsel. Oleh sebab itu, kebutuhan konsumen terhadap sebuah produk/jasa yang mampu diakses melalui aplikasi menjadi sangat tinggi. Jika Anda mampu memuaskan kebutuhan tersebut, konsumen tidak akan ragu untuk merekomendasikan Anda kepada orang lain.

Sebuah mobile apps dengan kemampuan pemenuhan pesanan (order fulfillment) dapat menjadi sarana perolehan pendapatan online lainnya bagi perusahaan Anda, selain dari website. Misalnya saja dengan menambahkan fitur reservasi restoran, booking tiket konser, buy now, dan lainnya, dimana konsumen dapat melakukan pembelian hanya dengan sekali klik saja. Selain itu, Anda juga dapat memperoleh pendapatan melalui in-app advertisement atau biaya (charge) ketika konsumen melakukan upgrade apps.