Relasi – Kita tentunya telah menyadari bahwa saat ini kita tengah berada di era Industri 4.0, dimana hampir seluruh penyampaian informasi dan komunikasi dilakukan dalam sebuah media digital. Dari sekedar chatting dengan teman, kolega dan keluarga; mencari dan membaca berita; hingga memesan makanan dan minuman ketika lapar, pasti tidak jauh dari setuhan di layar smartphone-mu. Bisa dibilang, sekarang melakukan sekarang apa saja serba mudah, tinggal melalui smartphone saja; karena telah banyak pelaku bisnis yang bertransisi untuk menerapkan penggunaan aplikasi dalam bisnisnya.

Namun jika dilihat dari sudut pandang pelaku bisnis, sebenarnya untuk memperkenalkan aplikasi sangatlah sulit dilakukan. Apalagi jika bisnis tersebut adalah UMKM dengan ukuran kantong yang tidak begitu besar. Berkali-kali mereka melakukan pitching yang sejatinya diperlukan guna mendapatkan investasi, ternyata malah habis hanya untuk membuat aplikasi saja. Lalu bagaimana dengan bisnis kecil yang benar-benar tanpa permodalan ekternal ?

Oleh sebab itu, kali ini kami akan membagikan tips mengenai bagaimana cara mempromosikan aplikasi milik sendiri bagi perusahaan dan pemilik bisnis dengan anggaran yang terbatas.

1. Pastikan Aplikasimu Memiliki Value

Value sangat penting bagi sebuah produk (barang/jasa) sebab value merupakan salah faktor utama yang menentukan apakah pelanggan merasa perlu membeli produk tersebut atau tidak. Semakin tinggi value sebuah produk, semakin tinggi tingkat permintaan atasnya. Oleh sebab itu, aplikasi sebagai sebuah produk juga harus memiliki value yang dapat dirasakan oleh penggunanya.

2. Gunakan Google App Campaign

Setelah kamu menambahkan value dalam aplikasimu, mulailah beriklan menggunakan App Campaign. App Campaign adalah sebuah paltform iklan online berbayar milik Google. Sama seperti Google Ads, kamu harus menentukan target, product knowledge, bids, dan lainnya terlebih dahulu untuk menggunakan Google App Campaign. Setelah itu, Google akan mengiklankan aplikasimu pada semua jaringan Google, termasuk Playstore. Pastikan kamu mengikuti langkah-langkah yang ditentukan ya.

3. Gunakan Facebook Test App

Nah, kalau tadi adalah platform iklan milik Google; sekarang kamu akan menggunakan platform milik Facebook. Dengan menggunakan tool ini, kamu dapat memungkinkan targetmu (kriteria konsumen) untuk mencoba menggunakan aplikasi yang kamu buat. Jika kamu telah berhasil menerapkan ketiga langkah di atas, maka yang terakhir yang perlu kamu lakukan adalah mempromosikan menggunakan metode pemasaran lainnya.

Demikianlah cara-cara yang perlu kamu lakukan untuk memasarkan aplikasi yang kamu buat agar dikenal dan digunakan oleh pengguna. Jika kamu memiliki tambahan, jangan ragu untuk memasukannya dalam kolom komentar di bawah ya.

Tips & Tricks

Lihat artikel lainnya

Jualan Semakin Mudah Melalui Instagram Shop

Relasi - Online shopping termasuk kegiatan yang lumrah dilakukan orang-orang di era ini. Sebab ... segala barang yang kamu butuhkan, bisa kamu dapatkan melalui internet; bahkan barang yang langka sekali pun. Maka, tak heran jika semua orang mulai menerapkan kegiatan...

Cara Membuat Desain Mudah Menggunakan Canva

Relasi - Bagi beberapa orang yang tengah merintis bisnis pertama secara kecil-kecilan biasanya akan melalui fase dimana mereka akan membuat akun sosial media bagi bisnisnya sendiri. Tujuan utamanya tentu saja untuk memperoleh konsumen secara online, atau setidaknya...

Cara Mudah Mempromosikan Bisnis Kecil

Relasi - Mempromosikan bisnis merupakan sebuah keharusan bagi perusahaan. Bagaimana tidak, tanpa promosi, tentunya bisnis mereka tidak akan berjalan dan akan berujung pada kebangkrutan. Untuk mempromosikan bisnis, perusahaan dapat menggunakan berbagai pilihan tools...

Tips Menjadi Orang Kaya di Indonesia

Relasi - Pada dasarnya, manusia bekerja untuk memperoleh kehidupan yang berkecukupan. Sebagian memulainya dengan bekerja di perusahaan, sebagian lain dengan membangun bisnis sendiri, ataupun bersama mitranya. Namun pada kenyataannya, ada sebagian lain yang malah sama...