Relasi – Bagi beberapa orang yang tengah merintis bisnis pertama secara kecil-kecilan biasanya akan melalui fase dimana mereka akan membuat akun sosial media bagi bisnisnya sendiri. Tujuan utamanya tentu saja untuk memperoleh konsumen secara online, atau setidaknya agar dapat membangun interaksi dengan konsumen melalui konten-konten menarik yang di-post. Nah … di sini lah muncul masalahnya. Bisnis kecil-kecilan biasanya tidak memiliki banyak modal, sehingga hampir dapat dipastikan akan mematikan kemungkinan para pemilik bisnis menggunakan jasa content creators. Padahal, seperti diketahui masyarakat pada umumnya, jasa content creators sangat penting untuk memastikan konten terkelola secara profesional.

Sedikit informasi mengenai content creators. Content creators merupakan orang-orang (tim) yang bertugas merencanakan, mempersiapkan, dan mengeksekusi pembuatan sebuah konten hingga ke tahap publishing. Content creators juga bertanggungjawab atas penjadwalan dan memastikan konsep sebuah konten telah sesuai dengan permintaan klien. Konten yang dibuat pun bermacam-macam, misalnya artikel (writings), gambar (photo atau graphic design), atau video.

Namun sayangnya, dengan kondisi modal yang sedikit, pemilik bisnis terpaksa ditempatkan pada posisi dimana mereka sendiri yang harus membuat dan mengelola kontennya, dimana sebagian besar bahkan belum tentu tahu harus memulai dari mana. Ada yang memulai dengan foto, tetapi berhenti karena dirasa kurang sempurna; ada pula yang memulai dengan membuat blog, namun ditinggalkan sebab inspirasi tak kunjung datang; dan begitu seterusnya.

Hal ini mengakibatkan banyak pemilik bisnis yang kemudian memilih untuk tidak menggunakan foto dan artikel sebagai media penyampaian pesan (konten), namun beralih ke desain grafis dan caption ringan demi mengakali kesulitan tersebut, dimana hasilnya pun ternyata sama saja—cenderung kurang memuaskan. Padahal, jika mereka mau menelisik sedikit lebih dalam, ada solusi untuk hal ini, yaitu platform desain online tak berbayar seperti Canva.

Untuk itu, kali ini RDS akan memberikan tips mengenai cara membuat konten bergambar menggunakan Canva agar kontenmu terlihat lebih cantik.

Buka Situs Canva

Buka browser melalui komputermu, kemudian masuk ke web Canva. Sebenarnya, kamu boleh menggunakan browser apa saja, tetapi kami merekomendasikan menggunakan Google Chrome untuk meminimalisir gangguan teknis pada browser ketika mulai mendesain. Perhatian ! Kamu harus membuat akun terlebih dahulu untuk dapat menggunakan website ini.

Buat Desain Baru

Ada 2 cara untuk mulai membuat desainmu, yaitu dengan cara membuat menggunakan free design (template) yang bisa diedit, atau membuat secara manual dari awal. Kami menyarankan bagi kamu yang sama kali belum pernah menggunakan Canva untuk menggunakan yang template yang diedit saja agar lebih mudah memahaminya.

Untuk mulai membuat, yang harus kamu lakukan adalah menentukan produk grafis apa yang kamu inginkan, misalnya brosur, spanduk, poster, atau lainnya; kemudian lakukan pencarian dalam search box pada sidebar di bagian kiri kanvas. Canva menggunakan standar penulisan internasional jadi jangan lupa menggunakan bahasa Inggris ketika melakukan pencarian.

Setelah menemukan template yang cocok, klik template tersebut untuk memasukannya ke dalam kanvasmu. Kamu boleh menggunakan desain seperti yang disediakan dalam template tanpa melakukan pengubahan apapun, toh tidak akan ada yang menuntut kamu selama kamu hanya menggukan free design, akan tetapi tentu konsekuensinya adalah kamu tidak bisa menyisipkan logo dan informasi mengenai bisnismu untuk diketahui konsumen.

*Ada juga aset yang bersifat premium, dimana kamu harus melakukan pembayaran terlebih dahulu untuk memperoleh lisensi penggunaannya. Namun untuk tahap ini, kamu belum terlalu membutuhkannya.

Kemudian untuk mengedit tampilan, kamu harus mencari “aset-aset” yang tepat untuk merepresentasikan brand-mu. Yang dimaksud dengan aset adalah apapun yang kamu gunakan untuk menciptakan desainmu, seperti ikon-ikon, foto, dan warna. Kamu dapat menemukan aset-aset tersebut pada sidebar kiri kanvasmu dalam menu photos (untuk aset foto) dan elements (untuk aset ikon dan aset lainnya). Jika kamu tidak menemukan aset yang kamu gunakan, kamu boleh mengunggah sendiri asetmu pada menu uploads.

Jika kamu telah memahami penerapan edit template seperti dijelaskan di atas dan ingin mencoba tantangan yang lebih sulit, kamu dapat mencoba membuat desain tanpa menggunakan atau mengedit template. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu meng-klik Create a design pada pojok kiri atas laman Home kamu, lalu kamu akan dialihkan pada laman pilihan jenis desain (social media, documents, personal, dll). Canva telah menggolongkan ukuran setiap desain berdasarkan jenis-jenisnya, jadi pastikan kamu memilih jenis desain yang tepat agar tidak salah ukuran ketika akan di-posting atau dicetak. Kemudian, kamu bisa melanjutkan pada tahap membuat desain sendiri melalui aset-aset yang telah disediakan (atau diunggah).

Unduh Desain

Periksa kembali desainmu melalui fitur Full Screen yang dapat ditemukan di pojok kanan bawah layar. Pastikan kamu telah mengatur posisi dan ukuran asetmu; dan menyesuaikannya dengan desainmu. Jangan lupa, jika kamu menggunakan aset  ikon yang berasal dari dalam Canva, kamu dapat mengubah warna ikonmu melalui menu color pada header bagian atas kanvasmu. Jika semua sudah terasa pas, klik download di pojok kanan atas layar, lalu pilih format desain yang kamu inginkan (PNG, JPG, PDF, dll) untuk mengunduh desain. Setelah itum hasil desainmu sudah siap untuk digunakan.

Tips & Tricks
Lihat artikel lainnya

Jualan Semakin Mudah Melalui Instagram Shop

Relasi - Online shopping termasuk kegiatan yang lumrah dilakukan orang-orang di era ini. Sebab ... segala barang yang kamu butuhkan, bisa kamu dapatkan melalui internet; bahkan barang yang langka sekali pun. Maka, tak heran jika semua orang mulai menerapkan kegiatan...

Bingung Mempromosikan Aplikasi Selulermu ? Ini Caranya

Relasi - Kita tentunya telah menyadari bahwa saat ini kita tengah berada di era Industri 4.0, dimana hampir seluruh penyampaian informasi dan komunikasi dilakukan dalam sebuah media digital. Dari sekedar chatting dengan teman, kolega dan keluarga; mencari dan membaca...

Cara Mudah Mempromosikan Bisnis Kecil

Relasi - Mempromosikan bisnis merupakan sebuah keharusan bagi perusahaan. Bagaimana tidak, tanpa promosi, tentunya bisnis mereka tidak akan berjalan dan akan berujung pada kebangkrutan. Untuk mempromosikan bisnis, perusahaan dapat menggunakan berbagai pilihan tools...

Tips Menjadi Orang Kaya di Indonesia

Relasi - Pada dasarnya, manusia bekerja untuk memperoleh kehidupan yang berkecukupan. Sebagian memulainya dengan bekerja di perusahaan, sebagian lain dengan membangun bisnis sendiri, ataupun bersama mitranya. Namun pada kenyataannya, ada sebagian lain yang malah sama...