Relasi – Online shopping termasuk kegiatan yang lumrah dilakukan orang-orang di era ini. Sebab … segala barang yang kamu butuhkan, bisa kamu dapatkan melalui internet; bahkan barang yang langka sekali pun. Maka, tak heran jika semua orang mulai menerapkan kegiatan online shopping dalam mencari barang-barang yang diinginkan. Dan itu pula lah yang menyebabkan banyaknya pedagang konvensional yang beralih ke digital; tak lain dan tak bukan, karena banyak pembelinya.

Bicara soal berdagang online, kamu pasti pernah mendengar cerita tentang seorang temanmu; atau orang lain, yang pernah melakukan penjualan barang dagangannya melalui Instagram. Pertanyaanya … memangnya bagaimana sih cara berdagang di Instagram ? Jika yang kamu ketahui hanyalah dengan membagikan konten dan melakukan boosting, berarti kamu belum meggunakan fitur berjualan di Instagram dengan maksimal.

Perkenalkan … Instagram Shopsebuah fitur perdagangan online milik Instagram yang membantu mempermudah kegiatan jual-beli penggunanya. Dengan fitur ini, kamu dapat memberikan tag harga pada gambar yang kamu post di akun bisnismu. Sehingga, ketika konsumen ingin membeli produk tersebut, mereka hanya tinggal meng-klik tautan harganya saja; dan akan langsung diarahkan ke laman produk secara otomatis oleh sistem.

Bagaimana ? Kamu sudah paham, kan, bagaimana dahsyatnya manfaat fitur ini bagi bisnismu ? Kalau sudah, yuk kita lanjutkan ke cara menggunakan Instagram Shop di dalam akun Instagrammu.

Pertama, pastikan bahwa akunmu telah disetujui untuk berjualan oleh Instagram.

Bagaimana caranya ? Caranya adalah dengan memastikan  bahwa bisnismu telah sesuai dengan kriteria dalam poin-poin berikut ini:

  • Akun Instagram yang kamu gunakan untuk berjualan harus diubah ke akun bisnis Instagram.
  • Bisnismu harus berada di wilayah pasar tertentu yang telah ditetapkan oleh Instagram. Tidak usah takut, wilayah yang dimaksud bukan dilihat dari provinsi, kecamatan, kelurahan, dsb kok; melainkan dari wilayah regional country-nya. Dan, selamat ! Indonesia termasuk dalam wilayah yang dimaksud dalam poin ini.
  • Kamu harus mematuhi perjanjian pedagang dan kebijakan perdagangan Instagram.
  • Kamu harus memiliki akun bisnis Facebook yang terhubung dengan akun bisnis Instagram.
  • Akun bisnismu harus terhubung dengan katalog atau business manager di Facebook.
  • Produk daganganmu harus berupa barang; bukan jasa.

Kedua, gunakan aplikasi Instagram versi terbaru.

Fitur Instagram Shop belum tersedia di versi lamanya, jadi jika kamu belum memperbaharui Instagrammu … ya update atuh !

Ketiga, pastikan bahwa akun bisnismu telah benar-benar terhubung dengan katalog produk atau Facebook Business Manager.

Ini sangat penting sebab Instagram akan menggunakannya untuk meninjau akunmu; dan akan memakan waktu beberapa hari. Hanya Instagram yang tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk meninjau akunmu, jadi tunggu yang sabar ya.

Terakhir, cek hasil peninjauan.

Kamu dapat mengecek status apakah fitur Instagram Shopmu telah aktif atau belum, yaitu dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Klik Pengaturan di pojok kanan atas layar Instagrammu.
  • Klik Bisnis, jika akunmu sudah disetujui untuk berdagang, kamu akan melihat tautan Belanja di dalam menu ini.
  • Klik Belanja, di sini kamu sudah bisa menyisipkan tag produk ke dalam konten-konten yang akan kamu bagikan melalui Instagram post dan Instagram story-mu.

Oh iya … jika kamu telah melakukan langkah-langkah di atas namun masih belum menemukan menu Belanja, itu artinya akunmu masih dalam proses peninjauan oleh Instagram. Atau mungkin juga telah selesai ditinjau, namun dinyatakan tidak lolos.

Sekian informasi mengenai cara berjualan melalui Instagram Shop. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu menginkatkan penjualamu ya.

Tips & Tricks

Lihat Artikel Lainnya

Bingung Mempromosikan Aplikasi Selulermu ? Ini Caranya

Relasi - Kita tentunya telah menyadari bahwa saat ini kita tengah berada di era Industri 4.0, dimana hampir seluruh penyampaian informasi dan komunikasi dilakukan dalam sebuah media digital. Dari sekedar chatting dengan teman, kolega dan keluarga; mencari dan membaca...

Cara Membuat Desain Mudah Menggunakan Canva

Relasi - Bagi beberapa orang yang tengah merintis bisnis pertama secara kecil-kecilan biasanya akan melalui fase dimana mereka akan membuat akun sosial media bagi bisnisnya sendiri. Tujuan utamanya tentu saja untuk memperoleh konsumen secara online, atau setidaknya...

Cara Mudah Mempromosikan Bisnis Kecil

Relasi - Mempromosikan bisnis merupakan sebuah keharusan bagi perusahaan. Bagaimana tidak, tanpa promosi, tentunya bisnis mereka tidak akan berjalan dan akan berujung pada kebangkrutan. Untuk mempromosikan bisnis, perusahaan dapat menggunakan berbagai pilihan tools...

Tips Menjadi Orang Kaya di Indonesia

Relasi - Pada dasarnya, manusia bekerja untuk memperoleh kehidupan yang berkecukupan. Sebagian memulainya dengan bekerja di perusahaan, sebagian lain dengan membangun bisnis sendiri, ataupun bersama mitranya. Namun pada kenyataannya, ada sebagian lain yang malah sama...